content top

Selasa, 16 Agustus 2011

Kelebihan Dan Kekurangan Twitter

Twitter → sebuah layanan microblogging di mana anggotanya bisa menjawab pertanyaan “What are you doing?” atau “Apa yang sedang kamu lakukan?” dengan mengirimkan pesan singkat terbatas hanya sampai 140 karakter.
Kelebihan Twitter:

■ Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
■ Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
■ Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
■ Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
■ Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
■ Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
■ Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
■ Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
■ Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
■ Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya
Kelemahan Twitter:
■ Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
■ Dibatasi sampai 140 karakter per update
■ Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
■ Lebih menekankan pada penghitungan follower
■ Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
■ Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
■ Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

Beberapa keuntungan jika menggunakan Twitter sebagai SEO untuk para blogger karena Twitter bisa jadi wadah yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mempromosikan blog. Melalui microblogging ini, Anda dapat mengarahkan lalu lintas di dunia maya untuk mengunjunginya. Dari situ, Anda dapat mengembangkan blog untuk membangun relasi yang lebih luas.

Berikut adalah beberapa daftar keuntungannya:
  1. Drive Traffic
Twitter memiliki efek yang diibaratkan dengan penyebaran virus dalam tubuh. Blog Anda, jika dikemas dengan menarik, trus di share di dalam twitter maka dapat menyebarkan berita dengan cepat di komunitas Twitter. Misalnya jika Anda meluncurkan berita terbaru di blog Anda dan menarik, lantas kirim ke Twitter sehingga muncul para pengikut. Ada kemungkinan mereka akan menyebarkan berita tersebut.
  1. Jaringan dengan People Like-Minded
Twitter memang diatur untuk berperan sebagai media berjaringan. Orang-orang “mengikuti” pengguna yang men-tweet dan menikmati sesuai dengan kepentingannya. Alhasil, Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama yang menggunakan Twitter.
  1. Membuat Kontak Antar Blogger
Anda dapat menghubungkan pengguna Twitter untuk menjalin kontak sesama blogger. Bisa juga Anda memanfaatkan microblogging ini untuk mencari atau menambah pertemanan dengan seseorang agar saling membantu dalam berblogger ria.
  1. Membangun Citra Diri Sebagai Pakar (Blog)
Anda dapat mencitrakan diri sebagai pakar di suatu bidang (blog). Hal itu dilakukan dengan berkomunikasi melalui tweet tentang materi ilmu pengetahuan yang Anda kuasai di blog, menjawab pertanyaan melalui tweet, dan mencari kontak baru. Jika upaya ini berhasil, Anda akan dipandang sebagai seorang ahli sehingga kredibilitas blog Anda lebih tinggi.
  1. Dapatkan Gagasan untuk Posting Blog
ini yang menjadi kekhasan dari twitter, jika kita kehabisan ide untuk menulis di blog, Twitter dapat membantu mendapatkannya. Ada dapat mengikuti isu apa yang sedang ramai dibicarakan. Bisa juga Anda kirim posting untuk meminta masukan.
  1. Ajukan Pertanyaan
Jangan sungkan mengajukan pertanyaan ketika sedang ber-tweet. Dari jawaban yang masuk, Ada dapat mempelajari sesuatu yang baru dan menemukan blogger baru serta pengguna untuk berhubungan dengan ini.
  1. Menyediakan Liputan Langsung
Jika Anda menghadiri sebuah kegiatan atau acara tertentu dan Anda ingin berbagi, Anda dapat mengirim beberapa tweet secara real-time untuk berbagi informasi. Dari situ Anda saling berbagi info kemudian menjelaskan pada tweet tentang posting blog.
  1. Akurasi dan Memeriksa Fakta
Bayangkan Anda sedang menulis untuk blog tentang berita terbaru, tetapi tidak tahu bagaimana fakta yang ada. Kirim ke Twitter untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.
  1. Manfaatkan layanan twitterfeed
Twitterfeed adalah layanan untuk mengimpor feed situs atau blog secara otomatis dan membagikannya ke akun Twitter dan Facebook anda. Dengan menggunakan layanan twitterfeed ini setiap kali anda membuat postingan baru di blog maka secara otomatis akan dikirimkan ke akun twitter anda. Caranya sangat mudah, anda cukup login dengan akun twitterfeed atau bisa memanfaatkan akun OpenID anda seperti akun Google, Blogger, Flickr, WordPress dan lain-lain. Setelah itu masukkan feed blog.

0 komentar:

Poskan Komentar

content top