content top

Kamis, 18 Agustus 2011

Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan

Jaringan adalah beberapa perangkat jaringan yang memiliki 2 titik atau lebih melalui media jaringan seperti menggunakan kabel dan non-kabel yang saling terhubung.

Tujuan Jaringan adalah untuk bertukar informasi ,  sharing data, dan bisa saling berinteraksi/saling berkomunikasi..









 Type jaringan :

  • Pear to pear adalah suatu type jaringan yang user tidak selalu menjadi server, yang bersifat    tidak Permanent.
  • Client-Server adalah suatu type jaringan yang usernya selalu menjadi server dengan contoh misalnya kita ingin menginstal sebuah software dan kita harus minta izin kepada server untuk menginstal software tersebut.
                        
SEJARAH JARINGAN KOMPUTER
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.
JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
MODEL REFERNSI OSI DAN STANDARISASI
Untuk menyelenggarakan komunikasi berbagai macam vendor komputer diperlukan sebuah aturan baku yang standar dan disetejui berbagai fihak. Seperti halnya dua orang yang berlainan bangsa, maka untuk berkomunikasi memerlukan penerjemah/interpreter atau satu bahasa yang dimengerti kedua belah fihak. Dalam dunia komputer dan telekomunikasi interpreter identik dengan protokol. Untuk itu maka badan dunia yang menangani masalah standarisasi ISO (International Standardization Organization) membuat aturan baku yang dikenal dengan nama model referensi OSI (Open System Interconnection). Dengan demikian diharapkan semua vendor perangkat telekomunikasi haruslah berpedoman dengan model referensi ini dalam mengembangkan protokolnya.
Model referensi OSI terdiri dari 7 lapisan, mulai dari lapisan fisik sampai dengan aplikasi. Model referensi ini tidak hanya berguna untuk produk-produk LAN saja, tetapi dalam membangung jaringan Internet sekalipun sangat diperlukan.
2. Topologi TokenRING
Topologi TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan: Kerugian:
- Hemat kabel – Peka kesalahan
– Pengembangan jaringan lebih kaku
3. Topologi STAR
Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:
- Paling fleksibel
- Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
- Kontrol terpusat
- Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
- Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian:
- Boros kabel
- Perlu penanganan khusus
- Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
4. Topologi Peer-to-peer Network
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.
ETHERNET
Ethernet adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernet adalah implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University diatas kabel coaxial. Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978 oleh IEEE. (lihat Tabel 2.) Kecepatan transmisi data di ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Saat in yang umum ada dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian.
Pada metoda CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh host komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka host komputer tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.
Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap perangkat ethernet diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia). Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di start dalam urutan angka berbasis 16, seperti pada Gambar 3.
48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyetakan bilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3 angka didepan adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications Inc. Contoh vendor terkenal bisa dilihat di Tabel 3, dan informasi lebih lengkap lainnya dapat diperoleh di http://standards.ieee.org/regauth/oui/index.html
Tabel 1. Daftar vendor terkenal chip ethernet
NOMOR KODE NAMA VENDOR
00:00:0C Sisco System
00:00:1B Novell
00:00:AA Xerox
00:00:4C NEC
00:00:74 Ricoh
08:08:08 3COM
08:00:07 Apple Computer
08:00:09 Hewlett Packard
08:00:20 Sun Microsystems
08:00:2B DEC
08:00:5A IBM
Dengan berdasarkan address ehternet, maka setiap protokol komunikasi (TCP/IP, IPX, AppleTalk, dll.) berusaha memanfaatkan untuk informasi masing-masing host komputer dijaringan.
A. 10Base5
Sistem 10Base5 menggunakan kabel coaxial berdiameter 0,5 inch (10 mm) sebagai media penghubung berbentuk bus seperti pad Gambar 4. Biasanya kabelnya berwarna kuning dan pada kedua ujung kebelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai resistansi sebesar 50 ohm. Jika menggunakan 10Base5, satu segmen jaringan bisa sepanjang maksimal 500 m, bahkan jika dipasang penghubung (repeater) sebuah jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2,5 km.
Seperti pada Gambar 5, antara NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer (DTE, Data Terminal Equipment) dengan media transmisi bus (kabel coaxial)-nya diperlukan sebuah transceiver (MAU, Medium Attachment Unit). Antar MAU dibuat jarak minimal 2,5 m, dan setiap segment hanya mampu menampung sebanyak 100 unit. Konektor yang dipakai adalah konektor 15 pin.
B. 10Base2
Seperti pada jaringan 10Base5, 10Base2 mempunyai struktur jaringan berbentuk bus. (Gambar 6). Hanya saja kabel yang digunakan lebih kecil, berdiameter 5 mm dengan jenis twisted pair. Tidak diperlukan MAU kerena MAU telah ada didalam NIC-nya sehingga bisa menjadi lebih ekonomis. Karenanya jaringan ini dikenal juga dengan sebutan CheaperNet. Dibandingkan dengan jaringan 10Base5, panjang maksimal sebuah segmennya menjadi lebih pendek, sekitar 185 m, dan bisa disambbung sampai 5 segmen menjadi sekitar 925 m. Sebuah segmen hanya mampu menampung tidak lebih dari 30 unit komputer saja. Pada jaringan ini pun diperlukan konsentrator yang membuat ujung-ujung media transmisi busnya menjadi beresistansi 50 ohm. Untuk jenis konektor dipakai jenis BNC.
C. 10BaseT
Berbeda dengan 2 jenis jaringan diatas, 10BaseT berstruktur bintang (star) seperti terlihat di Gambar 8. Tidak diperlukan MAU kerena sudah termasuk didalam NIC-nya. Sebagai pengganti konsentrator dan repeater diperlukan hub karena jaringan berbentuk star. Panjang sebuah segmen jaringan maksimal 100 m, dan setiap hub bisa dihubungkan untuk memperpanjang jaringan sampai 4 unit sehingga maksimal komputer tersambung bisa mencapai 1024 unit.
Menggunakan konektor modular jack RJ-45 dan kabel jenis UTP (Unshielded Twisted Pair) seperti kabel telepon di rumah-rumah. Saat ini kabel UTP yang banyak digunakan adalah jenis kategori 5 karena bisa mencapai kecepatan transmisi 100 Mbps. Masing-masing jenis kabel UTP dan kegunaanya bisa dilihat di Table 4.
KATEGORI APLIKASI
Category 1 Dipakai untuk komunikasi suara (voice), dan digunakan untuk kabel telepon di rumah-rumah
Category 2 Terdiri dari 4 pasang kabel twisted pair dan bisa digunakan untuk komunikasi data sampai
kecepatan 4 Mbps
Category 3 Bisa digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan sampai 10 Mbps dan digunakan
untuk Ethernet dan TokenRing
Category 4 Sama dengan category 3 tetapi dengan kecepatan transmisi sampai 16 Mbps
Category 5 Bisa digunakan pada kecepatan transmisi sampai 100 Mbps, biasanya digunakan untuk
FastEthernet (100Base) atau network ATM
D. 10BaseF
Bentuk jaringan 10BaseF sama dengan 10BaseT yakni berbentuk star. Karena menggunakan serat optik (fiber optic) untuk media transmisinya, maka panjang jarak antara NIC dan konsentratornya menjadi lebih panjang sampai 20 kali (2000 m). Demikian pula dengan panjang total jaringannya. Pada 10BaseF, untuk transmisi output (TX) dan input (RX) menggunakan kabel/media yang berbeda.
E. Fast Ethernet (100BaseT series)
Selai jenis NIC yang telah diterangkan di atas, jenis ethernet chip lainnya adalah seri 100Base. Seri 100Base mempunyai beragam jenis berdasarkan metode akses datanya diantaranya adalah: 100Base-T4, 100Base-TX, dan 100Base-FX. Kecepatan transmisi seri 100Base bisa melebihi kecepatan chip pendahulunya (seri 10Base) antara 2-20 kali (20-200 Mbps). Ini dibuat untuk menyaingi jenis LAN berkecepatan tinggi lainnya seperti: FDDI, 100VG-AnyLAN dan lain sebagainya.
Kesimpulan :
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Jenis-jenis jaringan computer seperti LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network)dan WAN(Wide Area Network). Dan topologi merupakan suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan computer dengan jaringan internet melalui jaringan komputer.

SUMBER : http://ridho-thesoftware.blogspot.com

Selasa, 16 Agustus 2011

Kelebihan dan Kekurangan Facebook

Facebook..siapa yang tidak kenal dengan kata itu???

facebook merupakan suatu situs jejaring sosial yang sangat terkenal pada saat sekarang ini. demam jejaring sosial ini sudah menyebar keseluruh antero jagat. Penggunanya pun tidak hanya orang-orang tertentu saja, hampir semua orang mempunyai situs jejaring sosial ini bahkan anak SD pun sudah ada yang mempunyai situs jejaring sosial yang satu ini. Karena begitu banyaknya pengguna situs jejaring sosial yang bernama facebook ini banyak oknum atau orang-orang yang menggunakan situs jejaring sosial ini sebagai tempat dimana mereka melakukan suatu tindak kejahatan. Misalnya waktu kemarin ada kasus seorang gadis yang di bawa kabur oleh lelaki yang baru dikenalnya  dari situs jejaring sosial ini.

  • Kelebihan facebook
  1. Membantu kita untuk mendapatkan teman.
  2. Bagi yang mempunyai bisnis facebook ini bisa membantu untuk mempromosikan bisnis kita.
  3. Kalau kita mempunyai saudara jauh situs ini bisa membantu kita untuk berkomunikasi dengan saudara jauh.
  4. Bisa memberikan informasi yang tidak kita ketahui kepada kita.
  • Kekurangan facebook
  1. Bisa membuat para pelajar menjadi malas untuk belajar.
  2. Memberikan kesempatan bagi para orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.
  3. Membuat kita menjadi boros karena kita membeli pulsa dan kewarnet terus.
Karena hal itu seharusnya situs jejarng sosial ini bisa menambah fasilitas keamanan yang lebih agar para pengguna yang bertujuan untuk bertindak kejahatan bisa berkurang. Dan seharusnya para orang tua bisa lebih memperhatikan aau mengawasi anaknya agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang bersifat negatif dari situs jejaring sosial ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Twitter

Twitter → sebuah layanan microblogging di mana anggotanya bisa menjawab pertanyaan “What are you doing?” atau “Apa yang sedang kamu lakukan?” dengan mengirimkan pesan singkat terbatas hanya sampai 140 karakter.
Kelebihan Twitter:

■ Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
■ Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
■ Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
■ Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
■ Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
■ Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
■ Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
■ Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
■ Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
■ Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya
Kelemahan Twitter:
■ Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
■ Dibatasi sampai 140 karakter per update
■ Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
■ Lebih menekankan pada penghitungan follower
■ Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
■ Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
■ Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

Beberapa keuntungan jika menggunakan Twitter sebagai SEO untuk para blogger karena Twitter bisa jadi wadah yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mempromosikan blog. Melalui microblogging ini, Anda dapat mengarahkan lalu lintas di dunia maya untuk mengunjunginya. Dari situ, Anda dapat mengembangkan blog untuk membangun relasi yang lebih luas.

Berikut adalah beberapa daftar keuntungannya:
  1. Drive Traffic
Twitter memiliki efek yang diibaratkan dengan penyebaran virus dalam tubuh. Blog Anda, jika dikemas dengan menarik, trus di share di dalam twitter maka dapat menyebarkan berita dengan cepat di komunitas Twitter. Misalnya jika Anda meluncurkan berita terbaru di blog Anda dan menarik, lantas kirim ke Twitter sehingga muncul para pengikut. Ada kemungkinan mereka akan menyebarkan berita tersebut.
  1. Jaringan dengan People Like-Minded
Twitter memang diatur untuk berperan sebagai media berjaringan. Orang-orang “mengikuti” pengguna yang men-tweet dan menikmati sesuai dengan kepentingannya. Alhasil, Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama yang menggunakan Twitter.
  1. Membuat Kontak Antar Blogger
Anda dapat menghubungkan pengguna Twitter untuk menjalin kontak sesama blogger. Bisa juga Anda memanfaatkan microblogging ini untuk mencari atau menambah pertemanan dengan seseorang agar saling membantu dalam berblogger ria.
  1. Membangun Citra Diri Sebagai Pakar (Blog)
Anda dapat mencitrakan diri sebagai pakar di suatu bidang (blog). Hal itu dilakukan dengan berkomunikasi melalui tweet tentang materi ilmu pengetahuan yang Anda kuasai di blog, menjawab pertanyaan melalui tweet, dan mencari kontak baru. Jika upaya ini berhasil, Anda akan dipandang sebagai seorang ahli sehingga kredibilitas blog Anda lebih tinggi.
  1. Dapatkan Gagasan untuk Posting Blog
ini yang menjadi kekhasan dari twitter, jika kita kehabisan ide untuk menulis di blog, Twitter dapat membantu mendapatkannya. Ada dapat mengikuti isu apa yang sedang ramai dibicarakan. Bisa juga Anda kirim posting untuk meminta masukan.
  1. Ajukan Pertanyaan
Jangan sungkan mengajukan pertanyaan ketika sedang ber-tweet. Dari jawaban yang masuk, Ada dapat mempelajari sesuatu yang baru dan menemukan blogger baru serta pengguna untuk berhubungan dengan ini.
  1. Menyediakan Liputan Langsung
Jika Anda menghadiri sebuah kegiatan atau acara tertentu dan Anda ingin berbagi, Anda dapat mengirim beberapa tweet secara real-time untuk berbagi informasi. Dari situ Anda saling berbagi info kemudian menjelaskan pada tweet tentang posting blog.
  1. Akurasi dan Memeriksa Fakta
Bayangkan Anda sedang menulis untuk blog tentang berita terbaru, tetapi tidak tahu bagaimana fakta yang ada. Kirim ke Twitter untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.
  1. Manfaatkan layanan twitterfeed
Twitterfeed adalah layanan untuk mengimpor feed situs atau blog secara otomatis dan membagikannya ke akun Twitter dan Facebook anda. Dengan menggunakan layanan twitterfeed ini setiap kali anda membuat postingan baru di blog maka secara otomatis akan dikirimkan ke akun twitter anda. Caranya sangat mudah, anda cukup login dengan akun twitterfeed atau bisa memanfaatkan akun OpenID anda seperti akun Google, Blogger, Flickr, WordPress dan lain-lain. Setelah itu masukkan feed blog.

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Dan Friendster

Kelebihan dan Kekurangan Facebook dan Friendster

Beberapa tahun belakangan ini kita sering mendengar tentang social networking facebook yang fungsinya kira kira hampir sama dengan Friendster. Hampir semua orang membicarakan facebook, di tempat chating di forum di kantin di lapang upacara di WC bahkan di kuburan pun orang orang berbicara tentang Facebook. Sampai sampai si Igor Saykoji bikin lagi yang judulnya “Online” dimana didalam liriknya disebutkan “pagi pagi buka facebook padahal face masih ngantuk”. Hal tersebut membuat saya semakin penasaran sampe gak enak makan gak nyenyak tidur terus terusan mikirin apa sih sebenernya facebook itu? Akhirnya dengan sisa uang makan malam (maklum saya makannya uang bukan nasi.hehe),saya pergi ke warnet buat nyari tentang facebook yang ramai dibicarakan orang orang itu. Dan berikut ini akan saya ulas ringkasan tentang facebook dan friendster. Namun karena uang sisa makan malam saya tidak memenuhi tagihan bayar warnet,jadi saya akhiri searching saya walopun tidak mendapatkan info sebanyak yang saya inginkan tapi ya insyaALLOH saya mendapatkan info yang bisa membuat mata kita terbuka tentang facebook dan friendster. Semoga berguna buat para pembaca pada umumnya dan saya pada khususnya...

Sebelum jauh membahas tentang facebook, saya tulis dulu sedikit sejarah berdirinya facebook ya =).

Facebook pertama didirikan pada tahun 2004 oleh seorang Mahasiswa Harvard University yang bernama Mark Zuckerberg. Pada awalnya facebook ini dibuat hanya untuk kalangan terbatas yaitu untuk mahasiswa Harvard. Namun sekarang facebook telah dibuka keanggotaanya untuk umum. Mark yang memang hobi mengotak-atik program pembuatan website berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar asramanya. Untuk membuat situs ini, ia hanya butuh waktu sekitar dua mingguan. Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak seniornya-Bill Gates-memilih drop out untuk menyeriusi situsnya itu. Bersama tiga rekannya-andre McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes-Mark kemudian membuka keanggotaan Facebook untuk umum. Dan sekarang Mark Zuckerberg dinobatkan sebagai orang terkaya ke 4 versi majalah Forbes. Kekayaannya disebutkan 'hanya' 1,5 miliar dolar AS (Rp 13,6 triliun). Namun Zuckerberg baru berusia 23 tahun. Untuk Mengetahui Sejarah lengkapnya kamu bisa baca DISINI atau DISANA.

Untuk saat ini , Facebook telah memiliki jumlah keanggotaan lebih dari 64 juta anggota aktif. Jumlah tersebut merupakan yang paling banyak diantara situs-situs web lain yang bergerak di bidang sekolah/perguruan tinggi di dunia. Dalam tempo 1 tahun, peringkat Facebook naik dari 60 menjadi poringkat 7 sebagai website yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Sedangkan sebagai situs foto, Facebook telah melampaui Flickr dengan jumlah foto 8,5 juta foto setiap harinya. Menurut info, para pengguna di amrik and eropa sana udah pada pindah ke facebook. Sedangkan Friendster hanya diramaikan oleh orang Indonesia, Brunei, Malaysia, Philipina, Singapura (baca:Cuma Asean).

Oke daripada kita ngomongin angka angka yang bikin mumet dan males dibaca mendingan kita langsung membandingkan antara Friendster dan Facebook. Dibawah ini beberapa kelebihan yang dipunyai Friendster menurut beberapa pengguna FS di Indonesia:

1.Sign Up nya lebih gampang,jika Confirmation Email FS masuk ke Inbox tapi FaceBook masuk ke Bulk 
2.Tampilannya lebih user friendy, mungkin hal ini karena layout Friendster sudah lama dikenal oleh Rakyat Indonesia (dan sekitarnya)
3.Friendster masih menjadi social network yang digemari di Indonesia, orang Indonesia masih lebih banyak yang menggunakan Fs dari pada Facebook.
4.Lebih asik karena bisa edit layout, e.g: background, tulisan, dsb. Intinya buat orang Indonesia lebih merakyat.
5.Fungsi Add Comment/Testimonial-nya lebih sederhana. Testimonial dapat berupa komentar, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan sebuah gambar yang menarik.
6.Sebagai pemilik account friendster kita bisa membuat profil sesuai yang kita inginkan. Berbeda dengan facebook dimana kita harus mengikuti keinginan para pembuat aplikasi
7.Dengan menu search pengguna dapat mencari anggota Friendster lain, baik menurut nama, alamat, atau bahkan menurut sekolah, organisasi,perusahaan atau afiliasinya

Nah biar adil sekarang kita ulas bagian kekurangan Friendsternya:
1.Friendster kebanyakan account palsu, belum lagi spam yang merajalela memenuhi bulletin dan inbox usernya.
2.Tampilannya bisa dibilang seperti dinding iklan.
3.Corak, warna, dan layout yang terlalu rame membuat kita melihat home user rada pusing. Apalagi layout baru orange menyala untuk promosi klo friendster bisa bahasa mandarin juga (sebelum berganti ke warna biru).
4.Fitur yang masih seputar itu saja. Contohnya foto sangat terbatas, dalam satu halaman ditampilkan semua foto tanpa kategori. Bulletin yang di posting beberapa kali dengan harapan bisa selalu paling atas, kenapa demikian? Soalnya untuk pengumuman atau cuma komentar saja cuma bisa di bulletin saja.
5.Fitur untuk mencari teman yang berada di lokasi yang sama sangat sedikit. Terkadang kita susah mencari teman klo tidak tahu nama lengkap atau emailnya. Kekurangan Fitur menjadi alasan kebanyakan orang berpindah ke facebook.
6.Terkadang setiap halaman terasa berat ketika di Load sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membuka 1 halaman. Hal ini dapat menghabiskan banyak bandwith.


Beberapa keunggulan atau kelebihan facebook:
1.Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
2.No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
3.Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
4.Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5.Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
6.Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7.Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
8.Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9.Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10.Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11.Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
12.Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
13.Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar, sehingga Surf di Facebook lebih cepat daripada di Friendster.
14.Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
15.Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung. Selain itu Top quality girl dah pada pindah haluan ke Facebook ;D hehe..

Kekurangan Facebook menurut orang Indonesia:
1.Pada saat sign up terkadang membingungkan para pengguna yang awam.
2.Karena banyaknya fitur sehingga buat user yang masih awal pasti merasa bingung.
3.Aplikasinya tidak dibatas, sehingga banyaknya aplikasi yang dipasang membuat beberapa orang jengkel karena harus lama meload halaman. Selain itu menurut beberapa orang mengalami kesulitan ketika join aplikasi.
4.Banyaknya invitasi aplikasi terkadang membuat beberapa orang jengkel.
5.Facebook kurang friendly sama orang yang suka gonta ganti background dan layout. Sehingga terasa lebih monoton.
6.Pengguna Facebook di Indonesia masih sedikit jika dibandingkan Friendster.
7.Facebook masih terasa exclusive sehingga belum merakyat seperti Friendster
8.Mengekslorasinya masih belum sebebas friendster


Itu dia kelebihan dan kekurangan Facebook dan Friendster. Sebenarnya masih banyak kelebihan dan kekurangan lain, tapi mungkin segitu juga bisa mewakili dari keduanya. Dan kesimpulan dari tulisan diatas bisa kalian simpulkan sendiri. Kalau menurut pendapat yang objektif, saya lebih memilih facebook karena masa depannya lebih cerah dan memang banyak fitur yang sangat mendukung. Namun menurut pendapat subjektif, saya lebih memilih friendster karena teman teman saya (alumni SMA/SMP dLL) masih menggunakan Friendster. Ingat bahwa orang Indonesia lebih memilih menjadi pengguna friendster daripada facebook. Jadi demi tetap kontak dengan mereka saya masih bertahan dengan Friendster. Karena menurut saya yang paling penting adalah Silaturahminya, tidak peduli walaupun fasilitas Facebook lebih bagus dari friendster.

Saran saya kita sebagai pengguna tidak perlu memusingkan memilih facebook atau friendster. Teknologi dibuat untuk memudahkan,bukan untuk membuat orang bingung. Dan kita tidak perlu menjadi korban keganasan teknologi tersebut. Jangan sampai kita milih facebook Cuma gara gara ikut Trend orang orang sedunia. Lakukanlah apa yang menurut kita suka dan enjoy! Ga perlu kayak orang orang di amrik dan eropa sana yang saking addict nya terhadap internet mereka mengatakan bahwa koneksi internet lebih penting daripada koneksi listrik,bahkan banyak juga yang mengatakan internet lebih penting dari agama. Weleh…orang orang mulai gila! Ingat ya.. untuk sukses, hidup kita harus seimbang antara dunia dan surga, di dunia juga harus seimbang antara dunia nyata dan maya. Tidak perlu sampai se addict itu =)

Rio Ferdinand Ucapkan Dirgahayu Indonesia

 ini merupakan hari istimewa bagi masyarakat Indonesia karena menjadi peringatan Hari Kemerdekaan Ke-66.

Peristiwa besar itu turut menjadi perhatian dari sejumlah pesepakbola internasional yang menyampaikan ucapan selamat kepada segenap warga nusantara.

Seperti yang diutarakan Rio Ferdinand dalam akun Twitter miliknya, "Independence day in Indonesia. Make it a good day to all of you out there. I promised I'd remember!"

Bek andalan Manchester United ini menunaikan janji untuk mengingat serta memberikan ucapan dirgahayu kepada Republik Indonesia yang tepat jatuh pada hari ini.

Rekan setim Ferdinand, Michael Owen, juga menyampaikan ucapan serupa meski lebih berupa balasan dari kicauan seorang follower yang memintanya menyampaikan salam kepada rakyat Indonesia.

Dua pemain Belanda, Ryan Babel dan Urby Emanuelson, juga seolah tak mau ketinggalan. Babel, yang kini bermain untuk TSG Hoffenheim, memasang hashtag #DirgahayuIndonesia dalam akun Twitter miliknya.

Sementara, Emanuelson dengan pasti menyebut jumlah tahun peringatan kemerdekaan.

"#DirgahayuIndonesia. For 66th Freedom INDONESIA. Celebrationnnnnn!" tulis pemain AC Milan itu.

Terakhir, kapten timnas Indonesia Firman Utina juga menyuarakan semangat patriotik.

"Merdeka, merdeka, merdeka. Salam satu jiwa dari kami sang GARUDA," tukasnya.

Senin, 15 Agustus 2011

Facebook VS Twitter

Kedua situs jaringan pertemanan ini memang lagi nge-boom di seluruh pelosok bumi. Di Amerika, di Eropa, di Arab, di Indonesia, dan dimana-mana. Kalau dilihat, kedua situs ini memiliki beberapa persamaan. Pertama, keduanya tentu saja sama-sama situs jaringan pertemanan. Kedua, baik Facebook maupun Twitter sama-sama mengandalkan fitur update status. Bedanya, Facebook bertanya ’What’s on your mind? (Apa yang sedang kamu pikirkan?)’, sedangkan Twitter bertanya ‘What are you doing? (Apa yang sedang kamu kerjakan?)’. Mana pertanyaan yang menurut Anda lebih baik?

Sekarang, mari kita lihat perbedaan lebih jauh antara kedua situs pertemanan ini. Perbedaan yang paling utama adalah kompleksitas versus simplisitas. Facebook hadir dengan berbagai macam fitur yang bisa dibilang komplit. Semua ada di Facebook: mulai dari sekadar update status sampai berbagi link, berbagi gambar, berbagi video, berkirim pesan, blogging (note), bahkan ber-chatting ria. Tidak hanya itu, Facebook juga menyediakan fitur undangan (invitation), cause, quiz, grup, dan sebagainya. Facebook seolah-olah menawarkan konsep ’one-stop-visit’ yang serupa dengan ’one-stop-shopping’ kalau kita lagi belanja. Dengan login ke Facebook, seseorang bisa melakukan apa saja tanpa harus ke YahooMail, Gmail, Flickr, Youtube, YahooMessenger, WindowsMessenger, dan sebagainya.

Sebaliknya, Twitter justru menawarkan kesederhanaan. Bisa dibilang, Twitter tidaklah lebih dari sekadar update status (meski sekarang mulai ditambahi beberapa fitur pendukung). Bahkan, status yang kita tulis pun dibatasi hanya sampai 140 karakter saja (dan untuk itulah Twitter dikategorikan dalam microblogging). Namun konon, loading status pada Twitter lebih kilat alias lebih cepat dan dijamin langsung tayang dibandingkan Facebook. Dan ternyata, justru karena kesederhanaannya ini, Twitter seringkali lebih digemari daripada Facebook.
Perbedaan lainnya, Twitter membedakan teman menjadi ’following’ dan follower’. Following artinya teman-teman yang kita ikuti, sedangkan follower artinya teman-teman yang mengikuti kita. Sementara di Facebook, semua teman kita punya sebutan yang sama: ’friend’.
Dari sisi bagaimana keduanya bisa diakses, yang menarik dari Twitter adalah pengguna bisa meng-update statusnya dari segala jenis ponsel (yang jadul sekalipun) melalui layanan pesan pendek alias sms. Mekanismenya, sms dikirimkan ke Twitter, kemudian Twitter seketika itu juga akan menayangkan status baru tersebut ke halaman akun Twitter sang pengguna. Sangat mudah bukan?
Dilihat dari tingkat sekuritasnya, konon Twitter lebih mudah dibobol oleh para hacker (atau lebih tepatnya cracker) daripada Facebook. Ambil saja contoh, bobolnya akun Twitter Barack Obama, Britney Spears, dan para pesohor lainnya di tangan para cracker.
Namun kini, Twitter dan Facebook barangkali tidak perlu dipertentangkan satu sama lain, meski keduanya tetap bersaing satu sama lain. Anda bisa saja memiliki akun di dua situs tersebut sekaligus, namun cukup menulis update status Anda sekali saja di Twitter, dan seketika itu juga status yang sama akan muncul di halaman Facebook Anda. Caranya, Anda hanya perlu mengintegrasikan alias menghubungkan akun Twitter Anda ke akun Facebook Anda.
Sebaliknya juga bisa, Anda cukup menulis update status Anda sekali saja di Facebook, dan seketika itu juga status yang sama akan muncul di halaman Twitter Anda. Caranya, hubungkan akun Facebook Anda ke akun Twitter Anda. Mudah dan keren kan?

Sumber utama : www.had13.blogspot.com

Trojan Flu Babi Menyerang Meksiko

Kehadiran flu babi memang mengkhawatirkan. Berbagai media mengabarkan bahwa kini pasokan babi di Indonesia sendiri sedang lesu, ini dikarenakan banyak konsumen akhirnya berpuasa dulu mengkonsumsi hewan yang satu ini, selain itu dari pihak pemerintah terus mengawas peternakan-peternakan babi, karena ditakutkan flu babi mewabah di masyarakat. Daripada terserang, akan lebih baik mencegah terlebih dahulu, dan nampaknya kini masyarakat kita lebih hati-hati apalagi setelah dulu sempat mewabahnya flu burung yang memakan banyak korban.

Ternyata tak hanya flu babi saja yang patut kita khawatirkan menyebar di Indonesia, tapi juga flu babi yang disebarkan melalui internet. Nah lho? 
Bagaimana bisa?
Mewabahnya penyakit ini ternyata justru membawa pencerahan bagi pemilik salah satu website di Meksiko yang berusaha mencuri informasi bank, itulah yang dituturkan oleh pihak SonicWall beberapa waktu lalu.

swinefluemail_610x512
Email tersebut mengirimkan link yang bila diklik akan dapat menguasai komputer Anda melalui virus yang terdapat di dalamnya. Email ini memuat Trojan Qhost.NJI. Dibuat menggunakan bahasa Visual basic, virus ini dapat mengubah file host dari komputer Windows sehingga komputer nantinya akan dengan sendirinya mengunjungi domain dari website Bank di Meksiko yang akan tanpa disadari akan me-redirect Anda tanpa sepengetahuan Anda dan trojan tersebut akan mencuri data login yang Anda ketik, begitu yang diutarakan oleh Bilogorskiy, salah satu pembicara dari SonicWall.


Wah, semoga ini jadi pelajaran dari kita supaya berhati-hati membuka e-mail apalagi dengan isu flu burung, mana tau itu adalah salah satu ulah dari keusilan orang yang tak bertanggung jawab yang ingin menguasai komputer Anda.

Sumber utama : http://www.had13.blogspot.com.com/

Mozilla Firefox Baru Dengan Virus Trojan

  Seorang peneliti dari Sophos mengingatkan perihal adanya virus trojan yang mengancam para pengguna Mozilla Firefox.
Peneliti tersebut mengatakan, penyebaran virus ini adalah dengan email. Disebutkannya bahwa jika ada notifikasi email dengan subyek ‘New Version released’ dari email dengan alamat @firefox.com adalah palsu. Email tersebut adalah sarana virus untuk menginfeksi Mozilla yang sudah terinstal di PC.
Email tersebut berisikan pesan bahwa untuk mendapatkan update terbaru dari Mozilla Firefox, pemilik PC harus mendownload sebuah file kecil yang merupakan patch file.
Selanjutnya patch tersebut, ujar pesan dalam email itu, akan memperbaiki sejumlah fitur keamanan dan sedikit perubahan pada tampilan browser.
Berikut ini adalah pesan email secara lengkap:
“A Firefox software update is a quick download of small amounts of new code to your existing Firefox browser. These small patches can contain security fixes or other little changes to the browser to ensure that you are using the best version of Firefox available.
“Firefox is constantly evolving as our community finds ways to make it better, and as we adjust to the latest security threats. Keeping your Firefox up-to-date is the best way to make sure that you are using the smartest, fastest and . most importantly . safest version of Firefox available.
“A Firefox update will not make any changes to your bookmarks, saved passwords or other settings. However, there is a possibility that some of your Add-ons won.t be immediately compatible with new updates.”
Di bagian bawah email, terdapat link yang merujuk ke alamat btopenworld.com. File eksekutabel ini sebenarnya adalah installer untuk Mozilla Firefox 5.0.1 dengan password stealer. Virus ini akan mencoba mengalihkan perhatian pemilik PC, sedangkan virus ini tetap bekerja secara underground.

Sumber utama : http://www.had13.blogspot.com./

Minggu, 14 Agustus 2011

Ip Addres




      IP address digunakan sebagai alamat dalam hubungan antar host di internet sehingga merupakan sebuah sistem komunikasi yang universal karena merupakan metode pengalamatan yang telah diterima di seluruh dunia. Dengan menentukan IP address berarti kita telah memberikan identitas yang universal bagi setiap interadce komputer. Jika suatu komputer memiliki lebih dari satu interface (misalkan menggunakan dua ethernet) maka kita harus memberi dua IP address untuk komputer tersebut masing-masing untuk setiap interfacenya.













2.Format IP Address





IP address terdiri dari bilangan biner 32 bit yang dipisahkan oleh tanda titik setiap 8 bitnya. Tiap 8 bit ini disebut sebagai oktet. Bentuk IP address dapat dituliskan sebagai berikut :
xxxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx
Jadi IP address ini mempunyai range dari 00000000.00000000.00000000.00000000 sampai 11111111.11111111.11111111.11111111. Notasi IP address dengan bilangan biner seperti ini susah untuk digunakan, sehingga sering ditulis dalam 4 bilangan desimal yang masing-masing dipisahkan oleh 4 buah titik yang lebih dikenal dengan "notasi desimal bertitik". Setiap bilangan desimal merupakan nilai dari satu oktet  IP address. Contoh hubungan suatu IP address dalam format biner dan desimal :




Format IP Address


3.Pembagian Kelas IP Address
Jumlah IP address yang tersedia secara teoritis adalah 255x255x255x255 atau sekitar 4 milyar lebih yang harus dibagikan ke seluruh pengguna jaringan internet di seluruh dunia. Pembagian kelas-kelas ini ditujukan untuk mempermudah alokasi IP Address, baik untuk host/jaringan tertentu atau untuk keperluan tertentu.
IP Address dapat dipisahkan menjadi 2 bagian, yakni bagian network (net ID) dan bagian host (host ID). Net ID berperan dalam identifikasi suatu network dari network yang lain, sedangkan host ID berperan untuk identifikasi host dalam suatu network. Jadi, seluruh host yang tersambung dalam jaringan yang sama memiliki net ID yang sama. Sebagian dari bit-bit bagian awal dari IP Address merupakan network bit/network number, sedangkan sisanya untuk host. Garis pemisah antara bagian network dan host tidak tetap, bergantung kepada kelas network. IP address dibagi ke dalam lima kelas, yaitu kelas A, kelas B, kelas C, kelas D dan kelas E. Perbedaan tiap kelas adalah pada ukuran dan jumlahnya. Contohnya IP kelas A dipakai oleh sedikit jaringan namun jumlah host yang dapat ditampung oleh tiap jaringan sangat besar. Kelas D dan E tidak digunakan secara umum, kelas D digunakan bagi jaringan multicast dan kelas E untuk keprluan eksperimental. Perangkat lunak Internet Protocol menentukan pembagian jenis kelas ini dengan menguji beberapa bit pertama dari IP Address. Penentuan kelas ini dilakukan dengan cara berikut :
"          Bit pertama IP address kelas A adalah 0, dengan panjang net ID 8 bit dan panjang host ID 24 bit. Jadi byte pertama IP address kelas A mempunyai range dari 0-127.  Jadi pada kelas A terdapat 127 network dengan tiap network dapat menampung sekitar 16 juta host (255x255x255). IP address kelas A diberikan untuk jaringan dengan jumlah host yang sangat besar, IP kelas ini dapat dilukiskan pada gambar berikut ini:
   
IP address kelas A

"          Dua bit IP address kelas B selalu diset 10 sehingga byte pertamanya selalu bernilai antara 128-191. Network ID adalah 16 bit pertama dan 16 bit sisanya adalah host ID sehingga kalau ada komputer mempunyai IP address 167.205.26.161,  network ID = 167.205 dan host ID = 26.161. Pada. IP address kelas B ini mempunyai range IP dari 128.0.xxx.xxx sampai 191.155.xxx.xxx, yakni berjumlah 65.255 network dengan jumlah host tiap network 255 x 255 host atau sekitar 65 ribu host.
     
IP address kelas B

"          IP address kelas C mulanya digunakan untuk jaringan berukuran kecil seperti LAN. Tiga bit pertama IP address kelas C selalu diset 111. Network ID terdiri dari 24 bit dan host ID 8 bit sisanya sehingga dapat terbentuk sekitar 2 juta network dengan masing-masing network memiliki 256 host.
      
IP address kelas C

"          IP address kelas D digunakan untuk keperluan multicasting. 4 bit pertama IP address kelas D selalu diset 1110 sehingga byte pertamanya berkisar antara 224-247, sedangkan bit-bit berikutnya diatur sesuai keperluan multicast group yang menggunakan IP address ini. Dalam multicasting tidak dikenal istilah network ID dan host ID.
"          IP address kelas E tidak diperuntukkan untuk keperluan umum. 4 bit pertama IP address kelas ini diset 1111 sehingga byte pertamanya berkisar antara 248-255.
Sebagai tambahan dikenal juga istilah Network Prefix, yang digunakan untuk IP address yang menunjuk bagian jaringan.Penulisan network prefix adalah dengan tanda slash "/" yang diikuti angka yang menunjukkan panjang network prefix ini dalam bit. Misal untuk menunjuk satu network kelas B 167.205.xxx.xxx digunakan penulisan 167.205/16. Angka 16 ini merupakan panjang bit untuk network prefix kelas B.


4.Address Khusus

Selain address yang dipergunakan untuk pengenal host, ada beberapa jenis address yang digunakan untuk keperluan khusus dan tidak boleh digunakan untuk pengenal host. Address tersebut adalah:
Network Address. Address ini digunakan untuk mengenali suatu network pada jaringan Internet. Misalkan untuk host dengan IP Address kelas B 167.205.9.35. Tanpa memakai subnet (akan diterangkan kemudian), network address dari host ini adalah 167.205.0.0. Address ini didapat dengan membuat seluruh bit host pada 2 segmen terakhir menjadi 0. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan informasi routing pada Internet. Router cukup melihat network address (167.205) untuk menentukan ke router mana datagram tersebut harus dikirimkan. Analoginya mirip dengan dalam proses pengantaran surat, petugas penyortir pada kantor pos cukup melihat kota tujuan pada alamat surat (tidak perlu membaca selutuh alamat) untuk menentukan jalur mana yang harus ditempuh surat tersebut.
Broadcast Address. Address ini digunakan untuk mengirim/menerima informasi yang harus diketahui oleh seluruh host yang ada pada suatu network. Seperti diketahui, setiap datagram IP memiliki header alamat tujuan berupa IP Address dari host yang akan dituju oleh datagram tersebut. Dengan adanya alamat ini, maka hanya host tujuan saja yang memproses datagram tersebut, sedangkan host lain akan mengabaikannya. Bagaimana jika suatu host ingin mengirim datagram kepada seluruh host yang ada pada networknya ? Tidak efisien jika ia harus membuat replikasi datagram sebanyak jumlah host tujuan. Pemakaian bandwidth akan meningkat dan beban kerja host pengirim bertambah, padahal isi datagram-datagram  tersebut sama. Oleh karena itu, dibuat konsep broadcast address. Host cukup mengirim ke alamat broadcast, maka seluruh host yang ada pada network akan menerima datagram tersebut. Konsekuensinya, seluruh host pada network yang sama harus memiliki broadcast address yang sama dan address tersebut tidak boleh digunakan sebagai IP Address untuk host tertentu.
Jadi, sebenarnya setiap host memiliki 2 address untuk menerima datagram : pertama adalah IP Addressnya yang bersifat unik dan kedua adalah broadcast address pada network tempat host tersebut berada.
Broadcast address diperoleh dengan membuat bit-bit host pada IP Address menjadi 1. Jadi, untuk host dengan IP address 167.205.9.35 atau 167.205.240.2, broadcast addressnya adalah 167.205.255.255 (2 segmen terakhir dari IP Address tersebut dibuat berharga 11111111.11111111, sehingga secara desimal terbaca 255.255). Jenis informasi yang dibroadcast biasanya adalah informasi routing.
Multicast Address. Kelas address A, B dan C adalah address yang digunakan untuk komunikasi antar host, yang menggunakan datagram-datagram unicast. Artinya, datagram/paket memiliki address tujuan berupa satu host tertentu. Hanya host yang memiliki IP address sama dengan destination address pada datagram yang akan menerima datagram tersebut, sedangkan host lain akan mengabaikannya. Jika datagram ditujukan untuk seluruh host pada suatu jaringan, maka field address tujuan ini akan berisi alamat broadcast dari jaringan yang bersangkutan. Dari dua mode pengiriman ini (unicast dan broadcast), muncul pula mode ke tiga. Diperlukan suatu mode khusus jika suatu host ingin berkomunikasi dengan beberapa host sekaligus (host group), dengan hanya mengirimkan satu datagram saja. Namun berbeda dengan mode broadcast, hanya host-host yang tergabung dalam suatu group saja yang akan menerima datagram ini, sedangkan host lain tidak akan terpengaruh. Oleh karena itu, dikenalkan konsep multicast. Pada konsep ini, setiap group yang menjalankan aplikasi bersama mendapatkan satu multicast address. Struktur kelas multicast address dapat dilihat pada Gambar berikut.

Struktur IP Address Kelas Multicast Address
Untuk keperluan multicast, sejumlah IP Address dialokasikan sebagai multicast address. Jika struktur IP Address mengikuti bentuk 1110xxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx (bentuk desimal 224.0.0.0 sampai 239.255.255.255), maka IP Address merupakan multicast address. Alokasi ini ditujukan untuk keperluan group, bukan untuk host seperti pada kelas A, B dan C. Anggota group adalah host-host yang ingin bergabung dalam group tersebut. Anggota ini juga tidak terbatas pada jaringan di satu subnet, namun bisa mencapai seluruh dunia. Karena menyerupai suatu backbone, maka jaringan muticast ini dikenal pula sebagai Multicast Backbone (Mbone).
5.Aturan Dasar Pemilihan network ID dan host ID
Berikut adalah aturan-aturan dasar dalam menentukan network ID dan host ID yang digunakan :
"          Network ID tidak boleh sama dengan 127
Network ID 127 secara default digunakan sebagai alamat loopback yakni IP address yang digunakan oleh suatu komputer untuk menunjuk dirinya sendiri.
"          Network ID dan host ID tidak boleh sama dengan 255
Network ID atau host ID 255 akan diartikan sebagai alamat broadcast. ID ini merupakan alamat yang mewakili seluruh jaringan.
"          Network ID dan host ID tidak boleh sama dengan 0
IP address dengan host ID 0 diartikan sebagai alamat network. Alamat network digunakan untuk menunjuk suatu jaringn bukan suatu host.
"          Host ID harus unik dalam suatu network.
Dalam suatu network tidak boleh ada dua host yang memiliki host ID yang sama.


6.Subnetting
Untuk beberapa alasan yang menyangkut efisiensi IP Address, mengatasi masalah topologi network dan organisasi, network administrator biasanya melakukan subnetting. Esensi dari subnetting adalah "memindahkan" garis pemisah antara bagian network dan bagian host dari suatu IP Address. Beberapa bit dari bagian host dialokasikan menjadi bit tambahan pada bagian network. Address satu network menurut struktur baku dipecah menjadi beberapa subnetwork. Cara ini menciptakan sejumlah network tambahan, tetapi mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network tersebut.
Subnetting juga dilakukan untuk mengatasi perbedaan hardware dan media fisik yang digunakan dalam suatu network. Router IP dapat mengintegrasikan berbagai network dengan media fisik yang berbeda hanya jika setiap network memiliki address network yang unik. Selain itu, dengan subnetting, seorang Network Administrator dapat mendelegasikan pengaturan host address seluruh departemen dari suatu perusahaan besar kepada setiap departemen, untuk memudahkannya dalam mengatur keseluruhan network.
Suatu subnet didefinisikan dengan mengimplementasikan masking bit (subnet mask ) kepada IP Address. Struktur subnet mask sama dengan struktur IP Address, yakni terdiri dari 32 bit yang dibagi atas 4 segmen. Bit-bit dari IP Address yang "ditutupi" (masking) oleh bit-bit subnet mask yang aktif dan bersesuaian akan diinterpretasikan sebagai network bit. Bit 1 pada subnet mask berarti mengaktifkan masking ( on ), sedangkan bit 0 tidak aktif ( off ).  Sebagai contoh kasus, mari kita ambil satu IP Address kelas A dengan nomor 44.132.1.20. Ilustrasinya dapat dilihat Tabel berikut :

Subnetting 16 bit pada IP Address kelas A
Dengan aturan standard, nomor network IP Address ini adalah 44 dan nomor host adalah 132.1.20. Network tersebut dapat menampung maksimum lebih dari 16 juta host yang terhubung langsung. Misalkan pada address ini akan akan diimplementasikan subnet mask sebanyak 16 bit 255.255.0.0.( Hexa = FF.FF.00.00 atau Biner = 11111111.11111111.00000000.00000000 ). Perhatikan bahwa pada 16 bit pertama dari subnet mask tersebut berharga 1, sedangkan 16 bit berikutnya 0. Dengan demikian, 16 bit pertama dari suatu IP Address yang dikenakan subnet mask tersebut akan dianggap sebagai network bit. Nomor network akan berubah menjadi 44.132 dan nomor host menjadi 1.20. Kapasitas maksimum host yang langsung terhubung pada network menjadi sekitar 65 ribu host.
Subnet mask di atas identik dengan standard IP Address kelas B. Dengan menerapkan subnet mask tersebut pada satu network  kelas A, dapat dibuat 256 network baru dengan kapasitas masing-masing subnet setara network kelas B. Penerapan subnet yang lebih jauh seperti 255.255.255.0 ( 24 bit ) pada kelas A akan menghasilkan jumlah network yang lebih  besar ( lebih dari 65 ribu network ) dengan kapasitas masing-masing subnet sebesar 256 host. Network kelas C juga dapat dibagi-bagi lagi menjadi beberapa subnet dengan menerapkan subnet mask yang lebih tinggi seperti untuk 25 bit (255.255.255.128), 26 bit (255.255.255.192), 27 bit ( 255.255.255.224) dan seterusnya.
Subnetting dilakukan pada saat konfigurasi interface. Penerapan subnet mask pada IP Address akan mendefinisikan 2 buah address baru, yakni Network Address dan Broadcast Address. Network address didefinisikan dengan menset seluruh bit host berharga 0, sedangkan broadcast address dengan menset bit host berharga 1. Seperti yang telah dijelasakan pada bagian sebelumnya, network address adalah alamat network yang berguna pada informasi routing. Suatu host yang tidak perlu mengetahui  address seluruh host yang ada pada network yang lain. Informasi yang dibutuhkannya hanyalah address dari network yang akan dihubungi serta gateway untuk mencapai network tersebut. Ilustrasi mengenai subnetting, network address dan broadcast address dapat dilihat pada Tabel di bawah. Dari tabel dapat disimpulkan bagaimana nomor network standard dari suatu IP Address diubah menjadi nomor subnet / subnet address melalui subnetting.

IP Address    Network Address Standard    Subnet Mask    Interpretasi    Broadcast Address
44.132.1.20     44.0.0.0    255.255.0.0(16 bit)    Host 1.20 pada               subnet  44.132.0.0    44.132.255.255
81.150.2.3    81.0.0.0    255.255.255.0 (24 bit)    Host 3 pada  subnet 81.50.2.0    81.50.2.255
167.205.2.100    167.205.0.0    255.255.255.128 (25 bit)    Host 100 pada Subnet 167.205.2.0    167.205.2.127
167.205.2. 130    167.205.0.0    255.255.255.192 (26 bit)    Host 130 pada  subnet 167.205.2.128    167.205.2.191
Beberapa  kombinasi IP Address, Netmask dan network number

Subnetting hanya berlaku pada network lokal. Bagi network di luar network lokal, nomor network yang dikenali tetap nomor network standard menurut kelas IP Address.


Kamis, 04 Agustus 2011

Keunggulan dan Kelemahan Peer - to - Peer

    Peer to Peer Disebut juga non dedicated server , karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan dapat juga berperan sebagai workstation.






  • Keunggulan
1. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagai pakai sumber daya / fasilitas , seperti : printer , scaner , dan modem.

2. Biaya operasional murah , jika di bandingkan dengan client server.

3. Kelansungan kerja jaringan tidak tergantug dengan server.

4. Jika salah satu komputer mati jaringan tidak akan terganggu.



  • Kesalahan
1. Troubleshooting jaringan lebih sulit.

2.Performa kerja lebih rendah , karna setiap komputer selain harus mengelola aplikasi sendiri , juga harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan.

3. Sistem keamanan di tentukan oleh masing - masing user.

4. Sulit membackup , karna harus dilakukan pada masing -masing komputer.



Keunggulan dan Kelemahan Client Server

Client Server adalah Server pada jaringan tipe client server di sebut dedicated server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan tidak dapat berperan sebagai workstation.

  • Keunggulan 
1. Kecepatan akses lebih tinggi karna penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya di lakukan secar khusus oleh server yang tidak di bebani oleh tugas lain seperti work station.

2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan baik karena terdapat sebuah komputer bertugas sebagai administrator.

3. Sistem backup data lebih baik karena dilakukan secara terpusat pada server.
  • Kelemahan
1. Biaya operasional mahal.

2. Diperlukan sebuah komputer khusus yang berkemampuan lebih sebagai server.

3. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server jika server rusak maka seluruh jaringan akan terganggu.







Selasa, 02 Agustus 2011

Game Komputer yang terlaris

Ada beberapa game yang berhasil menarik perhatian dunia, bahkan sukses menoreh rekor sebagai game terlaris berdasarkan hitungan kopi yang tersebar. Berikut daftar game PC terbaik sepanjang masa.

5. Mafia II

Pengembang: Illusion Softworks

Mafia II
Salah satu game terbaik di dunia untuk kategori third-person shooter, atau mengambil sudut pandang orang ketiga. Sempat menjadi sorotan karena game ini menceritakan secara nyata tentang kehidupan seorang mafia yang berkeliaran di Amerika Serikat di era 1940-an.
Game yang diterbitkan oleh 2K Games, label game dari Take-Two Interactives, membawa Anda ke dunia kejahatan terorganisasi virtual. Mafia II adalah sekuel game Mafia, yang sukses terjual dua juta kopi. Di dalamnya Anda diminta untuk menyelesaikan misi yang diwarnai dengan tembak-menembak, aksi kejar-kejaran mobil, sampai mencuri dokumen penting di gedung pemerintahan.

4. Half-Life

Pengembang: Valve Corp

Counter-Strike
Anda pasti tahu Counter-Strike atau CS. Betul, CS adalah bagian dari Half-Life, game taktik di kategori first-person shooter (mengambil sudut pandang orang pertama). Popularitasnya tak perlu dipertanyakan. Lebih dari 50 penghargaan Game of the Year dari berbagai ajang direbutnya.
Tak hanya itu, beberapa kali game ini selalu bertengger sebagai game terbaik di beberapa website selama berbulan-bulan. Half-Life menjadi game pertama yang sukses mengombinasikan pertarungan dua kubu, counter-terrorist dan terrorist, dengan skenario sarat teka-teki dan penuh strategi.


3. Call of Duty

Pengembang: Activision

Call of Duty
Call of Duty merupakan game first-person shooter di era perang dunia kedua. Muncul pertama kali pada 2003 dan terus meluas ke global. Kini game ini semakin populer bahkan di Indonesia. Tak cuma di PC, game itu juga laris di koridor konsol.
Kabarnya, Activision saat ini sedang mempersiapkan Call of Duty: Modern Warfare 3, versi kedelapan Call of Duty, dan akan dirilis pada 2011. Yang terdekat, Activision akan merilis Call of Duty: Black Ops pada November 2010. Tunggu saja kejutan baru dari Activision.

2. World of Warcraft (WoW)

Pengembang: Blizzard

World of Warcraft
Sulit dipungkiri jika Warcraft memang game terbaik di kategori Massive Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG). Sejak diluncurkan pada 1994, Warcraft terus merangkak populer ke seluruh dunia.
Di dalamnya, gamer disuguhkan sebagai peran yang bisa dieksplorasi, diajak bertualang, dan mencari sumber daya yang bisa digunakan untuk bertahan hidup sekaligus berperang. Ribuan orang dapat bermain di game ini. Mereka dapat berinteraksi langsung di satu dunia. Masing-masing gamer dapat memilih untuk beraliansi dengan siapa dan bermusuhan dengan siapa.

1. The Sims

Pengembang: Electronic Arts (EA)

The Sims
Dikembangkan oleh Maxis dan diterbitkan oleh EA, The Sims melejit cepat di dunia game. Dalam waktu sebulan, game ini mencatat penjualan fantastis, yaitu 6,3 juta kopi! Tak heran, The Sims bisa dibilang game ringan nan santai, sehingga bisa dimainkan di berbagai tingkat usia.
Dalam simulasi permainannya, pemain menciptakan masyarakat yang saling berinteraksi sosial. Masyarakat itu tumbuh dari anak-anak hingga dewasa. Persis seperti kehidupan nyata. Anda seolah-olah diberikan kuasa untuk membuat dunia impian Anda selama ini.

Macam - Macam Jaringan Komputer

Macam macam Jaringan Komputer ditentukan :
1.Berdasarkan skala :
2.Berdasarkan fungsi :
  • Client-server
    Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.





  • Peer-to-peer
    Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data.xls dan juga memberi akses file network.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.





3.Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:


  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    • Jaringan terpusat
      Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
    • Jaringan terdistribusi
      Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.










  2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
    • Jaringan LAN
      merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1warnet.





    • Jaringan MAN
      Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.





    • Jaringan WAN
      Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.










  3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
    • Jaringan Client-Server
      Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.





    • Jaringan Peer-to-peer
      Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.










  4. Berdasarkan media transmisi data
    • Jaringan Berkabel (Wired Network)
      Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.





    • Jaringan Nirkabel(WI-FI)
      Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.










content top